KONTAK PEMESANAN

  • WHATSAPP 0896.8836.1932
  • TELP 0896.8836.1932

Bakpia 25 | Jual Bakpia Pathok 25 Asli Jogja Enak Kacang Ijo

Written By wongrantau on Sunday, February 15, 2015 | 5:45 PM




KaskusKadra Store







Bakpia 25 | Jual Bakpia Pathok 25 Asli Jogja Enak Kacang Ijo


Bakpia dengan cita rasa Khas Original Kacang Ijo dari Bakpia Pathok 25


Apa Itu Bakpia 25 ? 

Berlibur ke Yogyakarta, belum komplit rasanya kalau kita belum membeli bakpia patuk (bakpia pathok). Penganan manis berisi kacang hijau ini telah menjadi oleh-oleh wajib bagi setiap orang yang berkunjung ke Yogyakarta.


Bakpia 25 kita kenal sebagai makanan khas Yogyakarta, hampir setiap toko oleh – oleh yang tersebar di seluruh Daerah Istimewa Yogyakarta menyediakan bakpia untuk dibeli.


Bakpia 25 sebenarnya berasal dari negeri Cina dan bernama asli tou luk pia yang artinya adalah kue pia kacang hijau. Bakpia pertama kali diproduksi di Indonesia sekitar tahun 1948, tepatnya di kampung Pathuk Yogjakarta dan inilah mengapa bakpia lebih dikenal dengan nama Bakpia Pathuk. Hingga kini kampung Pathuk dikenal sebagai sentra makanan khas bakpia, karena banyaknya wirausahawan yang bergerak di bidang pembuatan bakpia beroperasi di sini.


Sebelum tahun 1980, pengemasan bakpia dilakukan dalam besek dan diperdagangkan secara eceran, baru setelah tahun 1980 pengemasan bakpia mulai dilakukan dalam kemasan karton yang diberi merek atau brand sesuai dengan nomor rumah.


Seperti misalnya Bakpia Pathuk “25”, “75?, “88? semuanya berdasarkan nomor rumah. Sejalan dengan pesatnya perkembangan kue oleh-oleh, maka bakpia pun mulai meledak di pasaran sejak sekitar tahun 1992, hingga kini tidak lengkap rasanya bila ke Yogyakarta tidak membeli panganan bakpia pathuk.




Bakpia sebenarnya adalah penganan yang berasal dari Cina. Aslinya bernama Tou Luk Pia yang berarti pia kacang hijau. Resep bakpia awalnya dibawa oleh Kwik Sun Kwok pada tahun 1940-an. Kwik lalu menyewa tanah milik warga setempat yang bernama Niti Gurnito di di Kampung Suryowijayan, Kecamatan Mantrijeron, Yogyakarta. Awalnya Kwik membuat bakpianya dengan menggunakan minyak babi. Tapi kemudian ia memodifikasi resep asli bakpia dengan tidak lagi memakai minyak babi. Untuk memanggang bakpianya, Kwik selalu membeli arang kepada temannya, seorang Tionghoa bernama Liem Bok Sing. Ternyata, bakpia buatan Kwik ini disukai masyarakat dan usahanya pun terus berkembang. Hingga kemudian Kwik pindah ke ke sebelah barat Kampung Suryowijayan. Di sana ia meneruskan usaha bakpianya hingga akhirnya ia meninggal di tahun 1960-an. Setelah Kwik tiada, usaha bakpia Kwik diteruskan oleh anak menantunya, Jumikem.


bakpia75Niti Gurnito juga ternyata ikut-ikutan membuat bakpia. Diduga, Kwik pernah memberikan resep bakpia kepada Gurnito. Bakpia buatan Gurnito memiliki ciri khas ukurannya lebih kecil dengan kulit yang tebal dan isi yang lebih sedikit dibandingkan buatan Kwik. Dan bukan Gurnito saja yang ikut membuat bakpia. Liem Bok Sing pun ikut membuatnya. Nah, inilah yang menjadi cikal bakal terciptanya Bakpia Patuk 75.


Jual Bakpia 25 Asli Jogja Harga Murah Rasa Enak -KaskusKadra.Com-


The post Bakpia 25 | Jual Bakpia Pathok 25 Asli Jogja Enak Kacang Ijo appeared first on KaskusKadra Store.