KONTAK PEMESANAN

  • WHATSAPP 0896.8836.1932
  • TELP 0896.8836.1932

Foto Selfie Tertua Di Dunia Sudah Trend Sejak Tahun 1839 WOW

Written By wongrantau on Thursday, May 1, 2014 | 5:31 AM




TabletJogja.Co.Id Pusat Jual Beli Tablet Dan Smartphone Di Jogja





Foto Selfie Tertua Di Dunia Sudah Trend Sejak Tahun 1839 WOW



Foto Selfie Tertua Di Dunia Kalau Mau Tahu Baca Dan Lihat Hasil PhotoNya





Selfie atau Self-Portrait atau juga dikenal dengan nama foto narsis bukan menjadi hal baru lagi sekarang ini. Hampir setiap pengguna perangkat mobile pastinya pernah, setidaknya satu kali melakukan foto diri sendiri.


Memang foto selfie ini tidak harus selalu menggunakan perangkat mobile, ada pula yang menggunakan kamera pocket atau DSLR untuk mengabadikan diri sendiri.


Dikarenakan perangkat mobile berkamera lebih praktis dan ringan, maka banyak aksi selfie dilakukan dengan menggunakan smartphone atau juga phablet dan tablet.


Namun tahukan Anda bahwa aksi selfie pertama sudah dilakukan sejak tahun 1839?


Ya, menurut sejarah dan tulisan yang tertulis di Wikipedia beserta beberapa situs luar lainnya, foto diri pertama diklaim dilakukan oleh seseorang bernama Robert Cornelius seorang fotografer Amerika Serikat pada bulan Oktober 1839.


Foto selfie pertama

Foto selfie Cornelius ini diambil dengan waktu sekitar 15 menit. Tempatnya adalah di dekat toko lampu keluarganya di Philadelphia.


Bahkan foto tersebut tidak memerlukan aplikasi fotografi seperti Instagram atau juga software edit foto Adobe Photoshop untuk menjadikannya tua, karena memang dari segi teknologinya, kamera yang digunakan pada waktu itu masih kurang memadai untuk dapat menghasilkan foto berkualitas.


Setelah Cornelius, terdapat pula 2 foto selfie lagi yang boleh dikatakan tertua dari segi umur pengambilan fotonya. Pertama adalah foto seorang wanita di era Raja Edward VII, Inggris, bertahta. Wanita tersebut mengambil foto selfie di depan kaca dengan menggunakan kamera kotak Kodak Brownie pada tahun 1900-an.


Foto selfie kedua

Foto kedua adalah foto diri Anastasia Nikolaevna, seorang putri keempat dari Tsar Nicholas II dari Rusia. Nikolaevna mengabadikan aksi selfie-nya ini dengan menggunakan kamera kotak Kodak Brownie pada tahun 1914.


Foto selfie kedua

Popularitas aksi dan foto selfie ini mulai merangkak naik dan boleh dikatakan booming setelah era teknologi, internet, smartphone dan jejaring sosial menjelma menjadi satu hal yang sangat digemari dalam beberapa hari ini.


Penggunaan awal dari kata selfie ini adalah Selca atau Self-Camera. Namun pada tahun 2002 lalu, kata selfie muncul dalam sebuah forum internet Australia (ABC Online) pada tanggal 13 September 2002 (Wikipedia).


Pada tahun 2013, kata selfie secara resmi akhirnya dicantumkan menjadi salah satu kata yang telah dikenal keberadaan dan kegunaannya dalam Oxford English Dictionary. Bahkan pada bulan November tahun yang sama, kata selfie menyabet gelar Word of the Year 2013.





source : Merdeka