KONTAK PEMESANAN

  • WHATSAPP 0896.8836.1932
  • TELP 0896.8836.1932

Manisan Carica | Jual Manisan Buah Carica Asli Wonosobo Dieng

Written By wongrantau on Monday, February 23, 2015 | 5:15 PM




KaskusKadra Store







Manisan Carica | Jual Manisan Buah Carica Asli Wonosobo Dieng | Panorama


Buah Spesial Dataran Tinggi Dieng

Mengandung Vitamin C Dan Fiber Di Proses Secara Segar Dan Higienis


Manisan Carica | Belum pernah mencicipi buah carica? penasaran dengan rasa buah carica? Buah yang membuat kita ketagihan karena rasa dan manfaatnya


Manisan Carica

Carica atau pepaya gunung, dengan nama ilmiah Vasconcellea cundinamarcensis adalah salah satu jenis pepaya yang dapat hidup di dataran tinggi basah (1.500-3.000 meter di atas permukaan laut). Di wilayah Wonosobo pepaya gunung ini biasa disebut carica, sedangkan di Bali tanaman ini disebut dengan Gedang Memedi. Daerah asalnya adalah dataran tinggi Andes, Amerika Selatan.


Manisan Buah Carica

Manisan carica merupakan makanan khas dari daerah dataran tinggi Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah. Bahan utama manisan adalah buah carica. Selain rasanya yang enak, segar dan unik, carica juga mengandung kalsium, vitamin A, vitamin B komplek, vitamin C dan vitamin E.


Manfaat Buah Carica

Carica merupakan sumber kalsium yang sangat bermanfaat bagi tulang, baik untuk kekuatan tulang maupun pertumbuhan tulang. Selain itu, carica juga mengandung vitamin yang bervariasi sehingga mempunyai manfaat yang bagus bagi kesehatan dan kebugaran tubuh. Carica juga dapat memperlancar pencernaan karena mengandung minyak atsiri dan merupakan turunan dari asam lemak, mengandung enzim Papain yang merupakan antiseptic bagi usus dan mengandung mineral yang berguna bagi tubuh.


Proses pembuatan manisan carica ini cukup mudah. Setelah mengupas kulit buahnya, carica kemudian dibelah untuk memisahkan bagian biji dengan daging buahnya. Selanjutnya, bagian biji buah carica ini direbus dengan campuran air dan gula pasir untuk membuat sirup untuk campuran manisan. Selanjutnya, bagian daging buah yang usai dipotong dan dicuci bersih dicampurkan dengan sirup dari biji buah carica dimasukkan ke dalam kemasan sesuai dengan takaran. Tahap selanjutnya adalah proses fakturisasi dengan cara merebus manisan carica yang sudah masuk ke dalam kemasan agar steril dari bakteri. Proses fakturisasi ini cukup sederhana, hanya merebus manisan carica di dalam kemasan tersebut menggunakan api kecil dalam waktu kurang lebih 50 menit. Tahap terakhir adalah pemberian label pada kemasan dan proses pengemasan agar siap dipasarkan.


Berdasarkan sistematika (taksonomi) tanaman, buah carica di klasifikasinya dikelompokkan menjadi :

1. Kingdom : Plantae

2. Divisi : Magnolyophyta

3. Kelas : Magnolyopsida

4. Ordo : Brassicales

5. Famili : Caricaceae

6. Genus : Vasconcellea

7. Spesies : Carica candamarcensis

8. Sinonim : Vasconcellea cundamarcensis


Jual Manisan Carica Asli Dari Dieng Wonosobo Enak Harga Murah -KaskusKadra.Com-


The post Manisan Carica | Jual Manisan Buah Carica Asli Wonosobo Dieng appeared first on KaskusKadra Store.